Tips Berhenti Merokok untuk Ibu Hamil
Friday, 27 December 2019
Tips Berhenti Merokok untuk Ibu Hamil

Vlisteners, seperti yang diketahui rokok sangat berbahaya bagi ibu hamil maupun janin di dalam kandungannya. Sebab rokok mengandung sejumlah substansi berbahaya yang berdampak sebagai racun bagi tubuh, seperti karbon monoksida dan nikotin.

 

Peneliti dari University of Louisville, Amerika Serikat, menganalisis bahwa ada 3 karsinogen (senyawa pemicu kanker) dari tembakau yang bisa masuk ke dalam tubuh ibu dan bayinya. Yang pertama adalah benzo(a)pyrene, kedua 4-aminobiphenil dan ketiga akrilonitril. Ibu hamil yang merokok pun berpotensi mengalami keguguran. Hal ini karena adanya campuran puluhan racun dan bahan kimia yang masuk ke plasenta sehingga mempersempit suplai oksigen dan nutrisi bayi.

 

Ibu hamil yang merokok juga bisa meningkatkan detak jantung bayinya, meningkatkan masalah pernapasan (paru-paru) pada si kecil, meningkatkan risiko cacat lahir. Jadi semakin banyak rokok yang dihisap maka semakin besar peluang bayi Anda terserang penyakit. Lalu bagaimana cara untuk bisa berhenti merokok demi kebaikan diri sendiri maupun sang bayi? Coba ikuti panduan berikut ini.

 

1. Minta suami untuk menyembunyikan korek api, rokok dan asbak Anda.

2. Minta orang sekitar untuk tidak merokok di sekitar Anda.

3. Hindari minuman berkafein apalagi yang beralkohol, karena merangsang keinginan untuk merokok.

4. Sediakan permen sebagai alternatif bila Anda ingin merokok.

5. Isi hari-hari Anda dengan banyak kegiatan seperti berjalan kaki, baca buku, hingga berkebun untuk melupakan rokok.

6. Minta dukungan orang lain atau bergabung dengan kelompok yang sama-sama ingin berhenti merokok.

 

Source