Tips Menjadi Orangtua Yang Adil Untuk Anak
Thursday, 02 January 2020
Tips Menjadi Orangtua Yang Adil Untuk Anak

Vlisteners, di dunia ini tak ada orangtua yang sempurna. Terkadang sebagai orangtua, kita suka tidak menyadari melakukan pilih kasih terhadap anak. Tapi ternyata, perbedaan-perbedaan ini bisa ditangkap berbeda oleh si anak, sampai bisa membuat anak merasa cemburu. Kalau sudah begitu, rasa bersalah mungkin menghantui. Nah, inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan, bila ternyata selama ini tanpa sadar kita memperlakukan anak-anak secara berbeda.

 

1. Intropeksi Diri Sendiri

Setelah membaca perilaku anak yang berbeda saat meminta perhatian, alangkah baiknya Anda refleksi perilaku diri sendiri terhadap anak. Kesadaran ini dirasa penting untuk mengubah pola asuh kita terhadap anak-anak. Karena, kita yang selama ini mengasuh anak-anak, jadi, akan lebih mudah menganalisa diri sendiri.

 

2. Menerima Teguran

Selain anak, Anda juga harus menerima teguran dari suami atau pengasuh anak, karena merekalah yang menjadi pemerhati pola asuh Anda selama ini. Jadi Anda harus bisa menerima teguran tersebut.

 

3. Jangan Malu Minta Maaf

Sekarang sudah tidak zaman menjalani pepatah hidup: orangtua selalu benar dan anak selalu salah. Jadi, setelah Anda sadar, jangan sungkan untuk minta maaf dengan anak.

 

 

4. Kenali Kebutuhan Cinta Anak-Anak

Walaupun berasal dari rahim yang sama, bukan berarti kebutuhan cinta anak pun sama. Setiap anak memiliki kebutuhan cinta berbeda-beda, sehingga Anda harus lebih mengenali kebutuhan tersebut. Tidak apa-apa jika tidak selalu dipenuhi, asalkan kita sadar dan meminta maaf ke anak. Serta selalu mendengarkan pendapat anak terhadap ketidakadilan

 

 

Source