Cara Mengajarkan Anak Untuk Bisa Melawan Bullying di Sekolah
Wednesday, 08 January 2020
Cara Mengajarkan Anak Untuk Bisa Melawan Bullying di Sekolah

Vlisteners, maraknya kasus bullying pada anak sekolah yang semakin merajalela tentunya membuat banyak orang tua khawatir. Dan ini tidak hanya terjadi pada anak usia remaja saja. Banyak kasus bullying di sekolah yang terjadi pada anak usia dini, namun mungkin tidak disadari oleh orang tua maupun anak itu sendiri. Disinilah peran Anda untuk mengajarkan anak bahwa tindakan bullying itu tidak baik. Hal ini penting agar anak mengetahui bagaimana cara menghadapi tindakan bullying di sekolah dan juga tidak melakukan bullying terhadap temannya. Berikut cara mengajarkan anak untuk bisa melawan Bullying di sekolah:

 

1. Menanamkan sikap mengenai mempertahankan hak dan berani

Anda dapat memulainya dengan mengenalkan hak dan kewajiban kepada anak, tentu saja dengan bahasa yang mudah dipahami. Misalnya, ia boleh marah jika makanannya diambil oleh temannya. Setelah itu ajarkan anak untuk lapor kepada orang dewasa yang ada di dekatnya, seperti guru, ibu kantin mapun petugas kebersihan.

 

2. Mengajarkan anak untuk bersosialisasi

Biasanya, target utama bullying adalah si pemalu, pendiam dan sering sendirian. Kemampuan bersosialisasi yang baik akan membuatnya banyak disenangi teman. Memiliki banyak teman akan membuatnya banyak dibela saat di-bully oleh teman lainnya.

 

3. Ditumbuhkan di lingkungan yang penuh cinta

Melihat Anda saling membantu dan bercanda dengan penuh cinta secara tidak langsung dapat membuat anak merasa bahagia. Suasana tersebut pun akan terekam di memori anak dan akan dicontohnya saat ia berada di lingkungan sekolah. Anak yang ramah biasanya akan disenangi banyak orang sehingga mudah bersosialisasi dengan baik di lingkungan sekolahnya.

 

4. Sempatkan berbincang dengan si kecil setiap hari

Dengan berbincang-bincang dengan si kecil, Anda bisa mengetahui bagaimana pergaulannya di sekolah. Jika ada indikasi bullying, Anda bisa langsung atasi dengan memberi saran yang dapat mengatasi tindakan bullying dengan bijak.

 

Source