Berikut Manfaat Ampas Kopi yang Tak Terduga!
Tuesday, 04 February 2020
Berikut Manfaat Ampas Kopi yang Tak Terduga!

Vlisteners, seperti yang kita tahu kalau biji kopi diolah akan menjadi bubuk kopi yang dapat kita minum. Tapi ternyata ampas dari seduhan kopi juga punya segudang manfaat, lho. Tidak hanya untuk merawat kulit, ampas kopi punya banyak manfaat tak terduga yang jarang diketahui. Apa saja manfaat tak terduga dari ampas kopi? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini:

 

Bantu merawat rambut

Ampas kopi bisa bikin rambut lebih berkilau. Cara menggunakannya juga mudah, yaitu dengan mengaplikasikan ampas kopi pada rambut , seperti saat keramas. Setelah diaplikasikan, bilas hingga bersih. Cara ini dipercaya bisa membuat rambut menjadi lebih bersinar dan menjadi sehat.

 

Hilangkan bau di wastafel

Ampas kopi juga bermanfaat menghilangkan bau, khususnya di wastafel. Caranya simpel banget! Anda hanya tinggal meletakkan ampas kopi di wastafel selama semalam. Maka bau tidak sedap akan hilang.

 

Pengharum ruangan

Tidak hanya itu, ampas kopi juga bermanfaat sebagai pengharum ruangan dan penetral bau di dalam ruangan. Misalnya saja bau cat baru atau bau pengap. Caranya pun simpel banget. Cukup taruh bubuk kopi dalam wadah dan tempatkan di dekat ventilasi. Dijamin, bau-bau tak sedap di ruangan hilang seketika!

 

Jadi pupuk

Manfaat yang terakhir dari ampas kopi adalah jadi pupuk yang baik bagi tanah. Hal ini karena ampas kopi kaya akan nitrogen dan bisa menarik cacing tanah untuk datang. Seperti kita ketahui, cacing tanah berfungsi meningkatkan jumlah air dan oksigen di dalam tanah.

 

Source