Memanggang Ikan Tapi Dagingnya Lengket? Berikut Tipsnya!
Friday, 21 February 2020
Memanggang Ikan Tapi Dagingnya Lengket? Berikut Tipsnya!

Vlisteners, ikan yang dipanggang memang memiliki aroma khas tersendiri. Bahkan bau amisnya pun bisa hilang bila diolah dengan cara dipanggang. Hanya saja terkadang yang menyulitkan adalah ketika dihadapkan pada daging yang menempel pada alat pemanggang. Tekstur dagingnya jadi rusak dan bakal memengaruhi rasa. Agar daging ikan tidak lengket pada saat dipanggang, berikut tips yang Anda bisa lakukan:

 

1. Panaskan Alat Pemanggang dan Olesi dengan Minyak

Memanaskan alat pemanggang terlebih dahulu akan menghemat waktu memanggang ikan hingga matang. Pastikan alat pemanggang dalam keadaan bersih. Olesi dengan minyak secara merata supaya nanti daging ikan tidak lengket saat dipanggang.

 

2. Ikan Dimarinasi Terlebih Dahulu

Ikan sebaiknya tidak dalam keadaan "kering" saat dipanggang. Maksudnya ikan perlu dibumbui atau dimarinasi terlebih dahulu. Ikan bisa direndam terlebih dahulu dengan garam dan air perasan jeruk nipis untuk mengurangi aroma amisnya. Ikan juga bisa direndam dalam bumbu kuning selama 30 menit sebelum dipanggang.

 

3. Olesi Ikan dengan Minyak

Ketika ikan ditaruh di alat pemanggang, olesi permukaan dagingnya dengan sedikit minyak. Oh iya, pastikan ikan yang dipanggang adalah ikan segar dan dagingnya tebal. Karena jika ikan dalam kondisi sudah tidak segar, akan sangat rentan hancur saat dipanggang dan dibalik dalam proses pemanggangannya.

 

4. Ikan Jangan Terlalu Sering Dibalik

Tunggu sekitar lima menit sebelum ikan dibalik untuk sisi satunya. Bila ikan terlalu sering dibalik, ikan akan mudah hancur dan dagingnya akan menjadi robek.

 

Source