Alat Pengganti Mixer untuk Bikin Dalgona Coffee
Monday, 06 April 2020
Alat Pengganti Mixer untuk Bikin Dalgona Coffee

Vlisteners, tetap berada di rumah selama masa social distancing membuat masyarakat lebih kreatif dalam membuat kegiatan. Salah satunya adalah membuat dalgona coffee asal Korea Selatan yang kini sedang viral. Membuat dalgona coffee terbilang susah-susah gampang. Intinya, Anda harus memastikan campuran kopi, gula, dan air bisa berubah menjadi foam lembut dan kental. Berikut beberapa alat yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan mixer agar menghasilkan foam kopi pada dalgona coffee:

 

1. Sendok

Ini menjadi alat yang paling sederhana untuk mengaduk campuran kopi, gula, dan air panas. Anda bisa menggunakan sendok dan mengaduknya sekitar tiga menit sehingga adonan berubah menjadi cokelat muda dengan tekstur kental. Jika sudah kental, tuang adonan kopi ini di atas susu yang sudah diberi es batu.

 

2. Pengocok telur

Selain sendok, Anda juga bisa menggunakan pengocok telur. Mungkin waktu yang dibutuhkan untuk membuat foam kopi akan lebih lama daripada mixer. Namun, ketika campuran kopi, gula, dan air panas sudah berubah menjadi foam lembut, akan ada rasa kepuasan tersendiri. Dengan menggunakan pengocok telur ini sekaligus melatih otot tangan.

 

3. Milk Frother

Ini menjadi versi mini dari mixer. Jika tidak ingin terlalu susah payah membuat dalgona coffee namun tidak memiliki mixer, Anda bisa menggunakan milk frother ini. Ukurannya yang lebih kecil, akan memudahkan Anda mengocok adonan hanya di dalam gelas. Sekaligus, memastikan semua adonan benar-benar tercampur karena tempat yang tidak terlalu besar.

 

4. Botol plastik

Ini menjadi cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat dalgona coffee. Anda bisa memanfaatkan botol plastik bekas air mineral atau tumbler yang ada di rumah. Caranya, Anda bisa masukkan 30 gram kopi, 30 gram gula, dan 30 gram air ke dalam botol. Kemudian kocok botol hingga adonan kopi di dalamnya berubah menjadi cokelat muda dan mengental. Tuang foam kopi di atas susu panas atau susu yang telah diberi es batu di dalam gelas.