MANFAAT BERPELUKAN DENGAN PASANGAN
Monday, 21 September 2020
MANFAAT BERPELUKAN DENGAN PASANGAN

Menghilangkan Stres

Ada dua hormon yang bekerja pada saat Anda berpelukan, yakni oksitosin dan serotonin. Hormon oksitosin membuat Anda merasa rileks sehingga mengurangi stres, kemarahan, kecemasan, dan emosi negatif lainnya. Sedangkan hormon serotonin meningkatkan mood Anda dan perasaan bahagia.

Meningkatkan Imun

Penelitian yang dilakukan oleh Carneige Mellon University, AS, menyebutkan bahwa aktivitas berpelukan membuat orang dewasa lebih tahan terhadap penyakit (immune). Jika sistem imun kuat maka tubuh akan sulit terserang penyakit.

Mempererat Hubungan

Sering berpelukan dengan pasangan membantu mempererat hubungan. Hubungan pun akan lebih sehat dan awet. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cognition and Affect Regulation Laboratory di University of Lausanne, Swiss, menunjukkan bahwa aktivitas memeluk bagi para pasangan menimbulkan keintiman dan kepuasan yang lebih besar bersama pasangan.

Menurunkan Tekanan Darah

Seperti halnya olahraga, berpelukan dapat menjaga irama detak jantung tetap normal. Hal ini dikarenakan aktifnya sel-sel pacinian dan reseptor pada tubuh yang merespons sentuhan dan mengirimkan sinyal ke otak. Bahkan menurut Medelleine M. Castellanos, MD, psikiatris di New York, AS, berpelukan juga dapat menurunkan tekanan darah.

Pertanyaannya sekarang, berapa banyak pelukan yang kita perlukan untuk dapat merasakan manfaat tersebut di atas? Menurut Virginia Satir, terapis keluarga dari Amerika Serikat, Anda membutuhkan setidaknya 8 pelukan setiap hari.

Nah, V Listener, sudah berapa kali Anda dipeluk pasangan hari ini?

 

Source