Resep Udang Telur Asin Super Crispy dari V Cooking Class from Home
Saturday, 28 November 2020
Resep Udang Telur Asin Super Crispy dari V Cooking Class from Home

JAKARTA, VRadioFM.com – Makanan yang diolah dengan bumbu salted egg atau telur asin semakin banyak diminati masyarakat sejak beberapa tahun terakhir. Bumbu ini berasal dari kuning telur asin yang dihaluskan dan dibuat menjadi saus kental yang lezat.

Telur asin yang dipercaya berasal dari kebudayaan Tiongkok memang mudah ditemukan di manapun di Asia, termasuk di Indonesia. Telur asin sendiri dikenal dengan baunya yang tajam dan khas, namun tren kuliner membuktikan bahan makanan ini mudah diolah menjadi ragam sajian apapun yang menarik dan memanjakan lidah.

Dalam event V Cooking Class from Home yang diselenggarakan oleh V Radio pada Sabtu, 28 November 2020, di Century Park Hotel Jakarta, sajian kekinian yang menggunakan olahan salted egg atau telur asin dipilih sebagai menu cooking class, yaitu Udang Telur Asin.

Menurut Chef Raynaldo, Sous Chef Century Park Hotel Jakarta, menu ini termasuk yang banyak disukai oleh tamu-tamu di hotelnya. “Menu andalan Hotel Century sebetulnya lebih banyak sajian tradisional, tapi karena mengikuti perkembangan zaman dan banyak yang request, kita sudah mulai masukkan udang telur asin ini ke dalam menu,” kata Chef Raynaldo kepada V Radio sebelumnya di Century Park Hotel Jakarta, Jumat (27/11).

Pada saat cooking class from home berlangsung, Sabtu (28/11), Chef Raynaldo menjelaskan kepada para peserta yang mengikuti dari rumah bahwa bahan-bahan dan bumbu untuk membuat makanan ini sangat mudah ditemui, sehingga bagi yang ingin mencoba di rumah dapat langsung mempraktekkannya.

Nah, di bawah ini adalah resep dan cara memasak udang telur asin dari Chef Raynaldo, yang bisa langsung Anda coba di rumah.

 

 

Bahan

Untuk memasak udang telur asin, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana yaitu udang, telur asin, daun bawang, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, daun jeruk, daun kari, daun pastry, air dingin dan butter.

Cara Memasak

Pertama, kupas dan bersihkan udang. Kupas kulit udang, buang bagian kepala, dan bersihkan kotoran dari bagian punggungnya. Lalu dengan menggunakan pisau, buat tiga irisan tipis melintang pada bagian punggung udang. Lakukan dengan perlahan sambil menekan-nekan dagingnya. Udang yang dapat digunakan adalah udang jenis tiger crown atau jenis lain yang ukurannya tidak besar.

Kedua, buat adonan tepung. Ada dua jenis adonan yang dipakai yaitu tepung kering dan tepung basah. Paling mudah gunakan tepung tempura. Namun sebagai alternatif dapat menggunakan tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 1:1, lalu tambahkan seujung sendok teh baking powder agar udang mengembang. Selanjutnya tambahkan air dingin agar udang lebih crispy. Pastikan adonan tepung tidak terlalu encer agar dapat menempel pada udang, dan sebaliknya jangan terlalu kental karena akan membuat udang menjadi keras. Masukkan air sedikit demi sedikit, taburkan sedikit garam dan lada. Aduk kembali hingga merata.

Ketiga, proses pencampuran. Ambil udang dan lumuri dengan adonan tepung kering, lalu angkat dan masukkan ke dalam adonan tepung basah yang sudah dibuat tadi.

Keempat, proses penggorengan. Masukkan udang yang sudah berlumur tepung ke dalam minyak panas, dengan api sedang. Lakukan perlahan-lahan dan jangan terlalu lama, cukup 4 menit saja. Angkat dan tiriskan jika sudah berwarna kuning gold, kemudian sajikan di wadah piring.

Kelima, pembuatan bumbu telur asin. Gunakan butter (atau dapat diganti margarin) agar sajian terasa creamy, lalu campurkan dengan kuning telur asin. Masukkan ke dalam wajan penggorengan dan oseng-oseng sampai berbusa. Telur asin yang bagus digunakan adalah yang sudah berminyak dan tidak kopong.

Keenam, campurkan bahan-bahan lain. Untuk mengurangi bau amis, tambahkan bahan-bahan lain yaitu lada, daun jeruk, daun bawang, bawang bombay, bawang merah, bawang putih dan daun kari. Dapat juga tambahkan cabe rawit untuk menambah rasa pedas. Tumis semuanya dengan api kecil hingga matang dan berminyak. Tambahkan sedikit air jika terlalu kental, dan taburi sedikit garam supaya gurih.

Terakhir, penyajian. Oleskan bumbu telur asin di atas udang yang tadi sudah disiapkan di wadah piring. Untuk mempercantik riasan, dapat ditambahkan wortel yang sudah dibentuk bunga dan daun pastry. Sajian Udang Telur Asin kini siap disantap oleh teman dan keluarga.

Menu udang telur asin ini sangat mudah dibuat, dan dapat dimodifikasi dengan menggunakan bahan lain seperti cumi, ikan dori, atau ayam.

Anda ingin mengikuti V Cooking Class from Home bulan depan dan melihat langsung proses memasak bersama chef dari hotel ternama? Pantau informasi selanjutnya di Instagram @vradiofm.

 

Penulis: Veronika Sianturi | Editor: Lia Christie

Foto: Mega Mei Wahidawati