Abang None 2022 Bawa Jakarta Menuju Kota Global
Wednesday, 07 September 2022
Abang None 2022 Bawa Jakarta Menuju Kota Global

Acara ini dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta istri, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Direktur Utama Bank DKI dan juga Abang None 2019.

Ada 9 orang dewan juri yang melakukan penilaian untuk pemilihan Abang None 2022 ini, antara lain Sri Haryati Ketua Dewan Juri dan jadi Juri Bidang Pemerintahan dan Pengetahuan Umum, Drs H Beki Mardani Dewan Juri di Bidang Kebudayaan Betawi dan Jakarta, Prof Dr Sundring Pantja Djati Dewan Juri Bidang Kepariwisataan, Helmy Yahya Juri Bidang Komunikasi dan Bahasa Asing, Rose Mini Agoes Salim Dewan Juri Bidang Psikologi, Poppy Dharsono Juri di Bidang Fashion dan Penampilan, Muhammad Neil El Himam Dewan Juri di Bidang Ekonomi Kreatif, Ratieh Sanggarwaty Juri yang Juga None Jakarta 1983 Bidang Etiket dan Kepribadian serta Edi Prio Pambudi Juri Bidang Hubungan Internasional dan Isu Global.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan pemilihan Abang None ini terhenti pada 2019 akibat pandemi COVID-19. "Kita bisa kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan yang sempat terhenti. 2019 adalah terakhir kali final ini digelar. Abang None 2019 bertugas bukan hanya sebagai duta pariwisata tapi juga jadi duta Jakarta dan mengerjakan kegiatan kemanusiaan selama pandemi kemarin," kata Anies dalam acara malam final pemilihan Abang None Jakarta 2022, Jumat (2/9/2022).

Anies mengungkapkan, Abang None ini tak sekadar menjadi duta pariwisata tapi juga menjadi Duta Jakarta sebagai Kota Global di dunia. Gubernur DKI Jakarta menjelaskan, Jakarta merupakan kota megapolitan terbesar di belahan selatan dunia.

Masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dilakukan untuk mengantarkan Jakarta agar menjadi kota yang semakin baik setiap harinya. "Abang None yang masuk final memiliki tugas untuk mewakili Jakarta untuk konteks keluar mewakili Jakarta, ke dalam mereka mewakili pemikiran bahwa kota ini harus transformasi jadi kota yang setara dengan kota global. Kami bersyukur bahwa yang masuk ke final ini adalah mereka yang sudah sangat terseleksi," jelas Gubernur DKI Jakarta.

Gubernur Anies juga memberikan pantun dalam acara tersebut. "Ke Ancol lewat Kota Tua, paling enak naik Transjakarta. Malam final ini saya buka, lahirkan Abnon kebanggaan Jakarta," ucapnya. Kemudian upacara pembukaan dimulai ditandai dengan pemukulan rebana oleh Gubernur DKI.

Setelah seleksi ketat dari 36 finalis. Terpilih 3 Abang dan 3 None yang harus menjawab pertanyaan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ibu Fery Farhati.

Andhika Pratama dari Jakarta Pusat terpilih sebagai Abang Jakarta 2022 dan Zaida Jameela Heinrich dari Kepulauan Seribu terpilih menjadi None Jakarta 2022.

Penyerahan selempang dan piala Abang None 2022 dilakukan oleh Gubernur DKI dan Ibu Fery Farhati dengan total hadiah senilai 1,6 Miliyar yang dipersembahkan oleh Sponsor dan Pendukung acara Abang None 2022.