Momen Apresiasi Ibu Ibukota Awards 2022
Wednesday, 12 October 2022
Momen Apresiasi Ibu Ibukota Awards 2022

Jakarta - Ibu Ibukota Awards (IIA) 2022 menggelar puncak perayaan gerakan #AksiHidupBaik 62 perempuan penggerak Jakarta. Setelah empat tahun menggali cerita sosok Ibu Ibukota dari berbagai sudut Jakarta, tahun ini IIA 2022 mengajak #BertemuKembali dan mengapresiasi para sosok serta seluruh kolaborator yang menemani tumbuhnya gerakan ini sejak awal. Momen Apresiasi Ibu Ibukota Awards digelar di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (11/10). Selain itu, diadakan pula nonton bareng serempak di 53 kelurahan melalui kanal YouTube Ibu Ibukota.

 

“Di tahun ini, kami tidak lagi mencari sosok baru. Kami menjadikan momen ini untuk bertemu kembali. Tujuannya adalah untuk menggali lebih jauh cerita #AksiHidupBaik para sosok, mengembangkan potensi, serta memaksimalkan kolaborasi dari 62 sosok yang telah menjadi keluarga besar Ibu Ibukota Awards sejak 2019-2021” . Ujar Fery Farhati, penggagas Ibu Ibukota Awards.

 

Seluruh sosok Ibu Ibukota yang hadir diberikan sebuah selendang batik hasil kolaborasi antara Hijasmita, Artuready, dan Dcraft Indonesia sebagai wujud apresiasi atas berbagai pemberdayaan yang mereka lakukan bagi keluarga-keluarga di Jakarta. Penghargaan diberikan untuk lima bidang gerak yang mereka lakukan yaitu;

1. Bidang lingkungan diberikan oleh Ibu Mahariah Sandre (Founder Yayasan Rumah Literasi Hijau) dan Ibu Suzi Marsitawati (Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKIJakarta)

2. Bidang Kesehatan oleh Ibu dr. Widyastuti (Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu dr. Lily S Sulistyowati (Kepala Sentra Laktasi Indonesia).

3. Bidang Pendidikan oleh Ibu Nahdiana (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu Elidawati Ali Oemar (Founder Elzatta Hijab)

4. Bidang Kewirausahaan oleh Ibu Helianti Hilman (Founder Javara Indonesia) dan Ibu Elisabeth Ratu Rante Allo (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKIJakarta)

5. Bidang Pemberdayaan oleh Ibu Tuty Kusumawati (Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu Shantica Warman (Freelance Writer, Eks-Pimpinan Redaksi Herworld Indonesia)

Momen apresiasi IIA 2022 adalah puncak rangkaian dari berbagai kegiatan yang telah diadakan tahun ini. Pada Juli lalu digelar acara TEMALI (Temu Kembali) Ibu Ibukota sebagai ajang rembuk pendapat dan memperkuat kolaborasi antar sosok untuk keberlanjutan gerakan. Selanjutnya pada bulan Juni diadakan BEKALI (Belajar Kembali) agar para sosok dapat meningkatkan keterampilan mereka sebagai penggerak masyarakat dalam berbicara, memecahkan masalah, serta tampil menarik di depan publik. Pada September, selama sebulan penuh, para sosok Ibu Ibukota mengikuti kegiatan Bulan Kolaborasi bekerja sama dengan hampir 40 media dan komunitas melalui lokakarya, seminar, dan sebagainya.

 

Dikemas oleh Dodi Isnaini sebagai music director dan Upie Guava sebagai video director Ibu Ibukota acara tahun ini menjadi semakin meriah dan apresiatif. Syafira Umm dan Iwet Ramadhan juga turut berperan sebagai pembawa acara, dr. Mesty Ariotedjo sebagai pembaca narasi pembuka, Ditambah dengan penampilan dari paduan suara SMAN 78 Jakarta yang membawakan lagu Ibu Ibukota, Zefanya J.Hutagaol siswi berprestasi dari SMPN 219 Jakarta, serta penampilan penutup dari Adera dan Ebiet G Ade,

 

Perjalanan IIA 2022 terwujud atas kerjasama lebih dari 70 relawan dari berbagai usia dan profesi. Momen Apresiasi Ibu Ibukota Awards juga mendapat dukungan penuh dari Pemprov DKI Jakarta, PT Paragon Technology and Innovation, PT Jakarta Infrastruktur Propertindo, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk,Bank DKI, dan JakPreneur, Juga didukung teman-teman komunitas; Teruntuk Project, Buibu Baca Buku Book Club, Sobat Air Jakarta, Bale Buku Jakarta, Bantu Guru Belajar Lagi, Sahabat Gizi, Ibu Punya Mimpi, FoodBank ofIndonesia, I Am Okay, Minimalist Moms Indonesia, Bersama Mama, Fun Garden Literacy, Plus Jakarta, Beri Harapan Indonesia, World Cleanup Day Indonesia, Parenting Is Easy dan Peri Bumi serta seluruh teman #AksiHidupBaik.

 

Tentang Ibu Ibukota Awards Ibu Ibukota Awards merupakan wadah apresiasi yang mengangkat cerita perempuan penggerak #AksiHidupBaik yang ada di Jakarta. Digagas oleh Fery Farhati, Ibu Ibukota Awards pertama kali diselenggarakan pada 2019 dan berlanjut setiap tahunnya. Ajang apresiasi ini bertujuan agar masyarakat menjadi lebih empati dan peduli dengan situasi yang ada di sekitar, sehingga tergerak melakukan #AksiHidupBaik di lingkungan sekitarnya. Penyelenggaraan Ibu Ibukota Awards melibatkan kerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) DKIJakarta serta dukungan dari Pemprov DKIJakarta. Selengkapnya kunjungi website ibuibukota.id