Ibu Bekerja, Jangan Kalah Peran dengan Pengasuh!
Monday, 23 June 2014
Ibu Bekerja, Jangan Kalah Peran dengan Pengasuh!

PERAN pengasuh menjadi hal yang sangat penting bagi ibu bekerja. Namun, peran ibu lebih penting dibandingkan pengasuh.

Saat bekerja, mau tak mau ibu mengandalkan pengasuh untuk mengurus anak. Yang sering terjadi, pengasuh menjadi lebih dominan. Pengasuh lebih tahu bagaimana menghadapi anak saat rewel, lebih tahu kesukaan anak, dan kebiasaan keseharian anak asuhnya.

Agar tak terjadi penyimpangan peran di atas, ada hal-hal yang harus dilakukan orangtua bekerja, antara lain:

- Berikan waktu yang cukup bersama anak dengan quality time yang baik. Usahakan orangtua pulang ke rumah saat anak belum tidur, dan ada cukup waktu untuk melakukan berbagai kegiatan bersama, seperti mandi sore, beribadah bersama, makan malam bersama, mengajak anak membaca buku atau bercerita, dan sebagainya.

Banyak orangtua dengan kondisi fisik yang capek merasa tidak penting untuk mengambil alih pengasuhan saat sudah sampai ke rumah, seperti memandikan atau memberi makan anak. Padahal, hal tersebut menjadi langkah yang baik untuk lebih mengenal anak.

- Luangkan juga waktu untuk menelepon pengasuh 2-3 kali pada beberapa waktu berbeda saat berada di kantor. Tanyakan apa kegiatan anak saat itu, dan bagaimana respons anak.

Ingatkan hal apa saja yang harus dilakukan pengasuh di waktu-waktu tertentu. Jika anak sudah dapat berkomunikasi melalui telepon, baik juga bagi orangtua untuk berkomunikasi dengan anak melalui telepon saat orangtua di kantor

(okezone)