Anak Sering Berantem, Orangtua Tanpa Sadar Penyebabnya
Friday, 27 June 2014
Anak Sering Berantem, Orangtua Tanpa Sadar Penyebabnya

MEMILIKI keluarga yang rukun dan akur adalah idaman setiap orang, terutama dengan sesama saudara atau kakak beradik. Kekompakkan antara kakak beradik dapat muncul dari pola asuh yang tepat semenjak kecil.

Interaksi antara adik dan kakak semestinya penuh kasih sayang dan rasa peduli. "Perlakuan orangtua dari awal kita hidup memengaruhi sikap kita, dari situ tumbuh yang namanya peduli kepada orang lain," kata psikolog Ratih Ibrahim di Menteng Hermitage Hotel, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, sikap peduli menunjukan bahwa seseorang masuk ke level lebih tinggi. Sementara itu, sikap peduli terhadap orang lain tumbuh dari sikap peduli pada diri sendiri.

"Bagaimana kita bisa peduli terhadap orang lain jika kita tidak peduli terhadap diri sendiri?," tandas Ratih.

Sebenarnya, keakraban di antara saudara kandung ada ketika orangtua menanamkan nilai-nilai pola asuh yang tepat. "Saat terjadi konflik antar anak, orangtua harus tahu sifat masing-masing anak agar tahu bagaimana intervensinya. Ada value yang mesti ditanamkan kepada mereka," tutup Direktur dan Pendiri Personal Growth Counseling and Development Center ini.

(okezone)