Banyak Orangtua Tak Paham Komunikasi dengan Anak
Thursday, 03 July 2014
Banyak Orangtua Tak Paham Komunikasi dengan Anak

SEBAGAI orang tua memiliki kewajiban untuk mendidik anak sebaik-baiknya. Orang tua dan keluarga merupakan tumpuan bagi seorang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Namun saat ini banyak orangtua yang kerap mengabaikan dan kurang memperhatikan cara yang baik berkomunikasi dengan anak. Sehingga si anak malah mencari pelarian di luar rumah.
 
Hal tersebut tentunya sangat disayangkan oleh psikolog anak Ratih Ibrahim. Menurutnya, orangtua saat ini banyak yang tak memahami cara berkomunikasi dengan anak. Alhasil, bukan memberitahu secara baik kepada anak, malah menghakimi anak sehingga membuat anak tak betah berada di rumah.
 
“Banyak yang enggak bener mungkin karena enggak paham bagaimana berkomunikasi yang baik kepada anak,” jelasnya kepada Okezone di Ballroom hotel Crowne, belum lama ini.
 
Menurutnya, anak dan orangtua harus memiliki cara tersendiri yang lebih enak saat berkomunikasi dengan anak, bukan mengedepankan ego dan membenarkan segala hal untuk membuat anak mengerti dan jera terhadap apa yang telah dilakukannya.
 
“Karena enggak paham dengan apa yang dilakukan ditambah lagi ketakutan yang tinggi orangtua. Akhirnya apa, anak dijadikan korban dan mereka tidak merasa nyaman berada dekat dengan orangtuanya,” tutupnya.


(okezone/ren)