Waktu Terbaik Memulai Diet
Wednesday, 23 July 2014
Waktu Terbaik Memulai Diet

SEBELUM Anda memulai diet, kemudian melanggarnya, ketahuilah bahwa manusia memiliki jumlah kemauan yang terbatas. Demikian menurut penelitian sederhana yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research.

"Kami menemukan bahwa ketika orang mengerahkan terlalu banyak kontrol diri, mereka akan kehabisan itu dalam jangka panjang," kata penulis utama studi, William Hedgcock, PhD, profesor pemasaran di University of Iowa.

"Jadi, misalnya, jika Anda mengarahkan semua energi mental terhadap makan malam yang sehat, Anda akan lebih mudah makan makanan penutup, nanti," imbuhnya.

Daripada memberikan tekanan internal pada diri sendiri, fokuskan kembali usaha diet Anda dengan motivasi dari luar. Berbagai studi menunjukkan bahwa lingkungan memainkan peran utama dalam kemampuan kita menahan godaan (termasuk godaan makanan).

Berikut adalah lima waktu tepat untuk Anda memulai dan membangkitkan kembali kebiasaan sehat, seperti diulas Yahoo, Senin (21/7/2014).

Jumat pagi
Hampir semua orang turun beberapa kilogram selama sepekan dan naik berat badan pada akhir pekan. Kebanyakan orang memiliki berat teredah pada Jumat pagi, kata penelitian terbaru dari Cornell University. Bahkan jika Anda tidak pernah menimbang diri sendiri, mengetahui bahwa hari Jumat adalah saat dimana berat tubuh Anda paling kurus mungkin cukup menjadi motivasi untuk menolak makanan berlemak.

Hari yang cerah
Hari cerah dan langit biru adalah teman terbaik bagi mereka yang berdiet, kata penelitian klasik yang dilakukan University of Georgia. Mereka menemukan bahwa subjek penelitian makan 200 kalori lebih banyak per hari pada musim gugur dan terus berlanjut sampai musim dingin.

Penyebabnya bisa saja karena hari yang lebih gelap dan pendek dapat mendorong kita untuk makan berlebih karena ketakutan alam bawah sadar akan sumber daya (makanan) langka di musim dingin. Atau, orang makan lebih banyak di musim dingin karena kelimpahan nostalgia, enaknya makanan ketika liburan, dan kurang kesempatan untuk berolahraga di luar.

Dan, tentu saja, tidak ada tekanan untuk terlihat baik dalam pakaian renang. Apapun alasannya, gunakan musim panas untuk berolahraga luar dan makan makanan sehat.

Pada hari keempat siklus menstruasi
Ditambah dengan kram dan perubahan suasana hati, menstruasi membuat wanita ingin makan makanan bergaram, berlemak, dan berkarbohidrat. Tapi empat hari haid tiba, Anda dapat menahan rasa lapar dengan lebih baik.

Saat Anda lelah
Manusia membuat keputusan yang lebih baik tentang kesehatan ketika mereka lelah, menurut studi yang diterbitkan awal tahun ini dalamJournal of Consumer Research. "Ketika lelah, mereka lebih mengandalkan naluri kelangsungan hidup dan mengalokasikan sumber daya yang tersisa untuk melindungi kesehatan mereka," ujar Angela Y. Lee, profesor pemasaran di Northwestern University.

Itu tidak berarti Anda harus memutuskan pergi ke gym ketika benar-benar kelaparan. Tapi memilih makan buatan sendiri daripada makanan takeout berkalori setelah hari kerja yang panjang adalah ide yang tepat.

Hari Anda pergi ke gym
Memulai diet dan olahraga rutin pada hari yang sama mungkin tampak luar biasa, tapi penelitian baru dari Universitas Stanford mengatakan pelaku diet yang paling efektif adalah mereka yang melakukan dua hal ini sekaligus. Namun, jika ide ini tampaknya tidak realistis, mulailah dengan olahraga. 

(okezone/ftr)