Perawatan Kulit Berminyak di Tengah Cuaca Ekstrem
Thursday, 07 August 2014
Perawatan Kulit Berminyak di Tengah Cuaca Ekstrem

DENGAN kondisi cuaca tidak menentu, kulit wajah memerlukan perawatan ekstra. Cuaca ekstrem yang terkadang sangat terik lalu tiba-tiba hujan kerap kali membuat kulit menjadi semakin berminyak.

Kulit berminyak rentan terhadap masalah kulit yang lain. Untuk mencegah kulit menjadi berminyak dan timbul masalah kulit lainnya, Anda perlu melakukan perawatan terhadap kulit wajah.

Berikut perawatan kulit yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatannya di tengah cuaca tidak menentu, sebagaimana dilansir dari Boldsky,Senin (4/8/2014).

Pembersihan
Ini adalah perawatan kulit paling mendasar untuk semua jenis kulit. Gunakan pembersih wajah untuk membantu mengontrol minnyak serta membuka pori-pori. Cobalah untuk membasuh wajah dengan air hangat demi mengurangi ekstraksi minyak dari kelenjar kulit. Cuci wajah dua hingga tiga kali sehari dan scrub wajah untuk membersihkannya dari sel-sel kulit mati sebanyak dua kali sepekan.


Toning
Kotoran dan debu telah dibersihkan, dan wajah Anda kembali segar. Gunakan toner ringan untuk mengencangkan serta menutup pori-pori kulit karena pori-pori yang terbuka rentan terhadap kotoran yang terdapat di udara. Sapukan toner pada wajah dengan menggunakan kapas selama dua hingga tiga kali sehari setelah membersihkan wajah.

Melembapkan
Kulit berminyak memang memiliki minyak berlebih, namun hal itu bukanlah alasan untuk tidak menggunakan pelembap. Gunakanlah pelembap berbahan dasar air yang tidak akan terlalu berat pada wajah berminyak Anda. 

Masker wajah
Menggunakan masker pada wajah dapat membantu menyegarkan, mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, mengencangkan kulit, serta mencerahkan wajah. Andapun tidak perlu repot membeli masker wajah. Cukup gunakan bahan-bahan yang ada di dapur, seperti lemon, madu, gandum, telur, susu, pepaya, mentimun, dan lidah buaya. Gunakan bahan-bahan tersebut secara sendiri atau dikombinasikan dengan bahan lain.

Makan dengan sehat
Apa yang Anda makan mencerminkan kulit Anda. Hindari makanan berminyak dan cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan segar. Airpun sangatlah penting untuk memberikan tekstur kulit yang lembut dan lentur. 

 (Okezone/ftr)