Kiat Khusus Anak Hobi Baca
Friday, 12 September 2014
Kiat Khusus Anak Hobi Baca

APAKAH anak Anda tidak suka membaca? Ini bukan masalah biasa. Anda harus memutar otak, agar anak mempunyai hobi membaca. 

Memiliki anak yang lebih senang menghabiskan waktu di depan televisi atau bermain video game membuat Anda ekstra berjuang untuk mendekatkan buku kepada anak. Seperti dilansir Sheknows, berikut tip agar anak Anda cinta membaca.
 
Pilih topik yang tepat


Mulailah dengan bacaan yang tepat sesuai dengan kesukaan anak Anda. Jika dia suka dandan, Anda bisa membelikannya buku bertema kosmetik atau majalah kecantikan. Jika dia senang kucing, Anda bisa membawakannya buku tentang jenis-jenis kucing. Dimulai dengan bacaan yang dia sukai, lambat laun bisa membuatnya tertarik untuk membaca.
 
Memilih bacaan sendiri

Ketika Anda mengajaknya ke toko buku, biarkan dia memilih jenis bacaan yang disukai. Anda bebaskan si kecil untuk mencari buku yang dianggapnya menarik. Bisa itu komik, majalah atau buku cerita. Anda hanya pastikan bahwa pilihan bacaannya sesuai dengan usianya.
 
Berdiskusi


Saat dia selesai membaca, ajak berdiskusi tentang bacaannya. Anda bisa mengetahui apakah dia antusias dengan bacaannya atau tidak. Jika dia kelihatan tidak antusias, Anda bisa mendiskusikan bacaan seperti apa yang menarik minatnya.
 
Rekomendasi
Anda bisa menceritakan bacaan masa kecil yang Anda sukai kepada anak. Anda bisa jadikan bacaan tersebut sebagai rekomendasi untuknya. Jika dia tertarik, Anda bisa mencari di toko buku bacaan yang serupa. Tunjukkan padanya bahwa Anda senang membaca. Beri juga dia penjelasan manfaat dari hobi membaca.
 

(okezone/tty)