Minuman Hangat Dapat Ciptakan Kepribadian Yang 'Hangat'
Tuesday, 11 November 2014
Minuman Hangat Dapat Ciptakan Kepribadian Yang 'Hangat'

Menikmati minuman hangat ataupun menghangatkan telapak tangan dengan memegang gelas kertas dari coffee shop favorite anda sering menimbulkan sensasi yang nyaman bukan?

Minuman hangat dirasa dapat menjadikan orang yang meminumnya dirasa memiliki kepribadian yang lebih hangat dan lebih kompeten.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Boulder di dalam jurnal Sains yang baru saja di publikasikan, narasumber yang hadir dan memegang gelas kopi yang berisikan kopi panas lebih “(dinilai) merupakan orang yang memiliki kepribadian yang lebih ‘hangat’ (senang berbagi, peduli),” daripada mereka yang memilih es kopi.

Pada penelitian ini, setiap narasumber yang hadir di haruskan mengambil antara secangkir kopi panas maupun es kopi sebelum mereka diberi tahu maksud dari penelitian yang sedang mereka ikut sertakan – mereka tidak tahu kalau memilih minuman tersebut merupakan bagian dari penelitian.

Penelitian menunjukan kalau The study showed that a person’s perceived warmth of character, along with their competence, says the study, “accounts for a large proportion (82%) of the variance in people’s evaluations of social behaviors.”

Peneliti mengemukakan kalau hal ini dapat terjadi dikarenakan bagian di otak manusia yang memproduksi kehangatan adalah tempat dimana persepsi seseorang terhadap orang lainnya dibentuk. Studi bahkan memperkirakan kalau hal tersebut merupakan efek yang ditimbulkan karena manusia teringat akan kehangatan yang dirasakan sewaktu kecil—hal ini diartikan dengan keadaan di dalam kandungan dan setelahnya.

Dan hal ini bukan hanya berlaku pada hal temperature minuman yang kita minum. Betina Piqueras-Fiszman, asisten dosen Marketing and Consumer Behavior department di Wageningen University, Netherlands, melakukan penelitian yang mengemukakan kalau kita akan merasa lebih kenyang jikalau makan dari mangkuk yang lebih berat dibandingkan ketika kita makan menggunakan mangkuk yang lebih ringan, dan hal ini juga akan berlaku kepada apa yang kita minum.

(FoxNews/cnp)