Benarkah sering gunakan Hand Sanitizer dapat picu kanker?
Tuesday, 11 November 2014
Benarkah sering gunakan Hand Sanitizer dapat picu kanker?

HAND sanitizer sering jadi andalan masyarakat sebagai pengganti sabun cuci tangan. Ternyata ada studi baru menunjukkan bahwa, terlalu berlebihan memakainya dapat memicu penyakit kanker dan diabetes.

Tak dapat dipungkiri hand sanitizer jadi teman setia banyak orang. Meskipun simpel, hand sanitizer dinilai kurang ampuh hilangkan kuman. Kita terus diingatkan agar membiasakan diri untuk cuci tangan pakai sabun di saat kondisi apapun. Sayangnya, masih banyak yang melalaikan dan lebih memilih hand sanitizer sebagai penghilang kuman.

Dalam studi tersebut dikatakan bahwa, sabun itu mengandung bahan aktif triclosan yang ampuh membunuh bakteri. Akan tetapi bahaya dari kandungan bahan itu ternyata dapat menyebabkan kulit Anda menyerap bisphenol A (BPA). BPA adalah bahan kimia yang digunakan dalam produksi hampir semua plastik.

"Penelitian menunjukkan jika tangan kita menerima BPA tinggi dapat menggangu hormon. Bahkan lebih parah lagi dapat memicu penyakit jantung, kanker, infertilitas dan diabetes," ungkap Peneliti Tara Long seperti dikutip Huffingtonpost.

Mengingat bahaya itu, dari sekarang jauhilah pemakaian hand sanitizer berlebihan. Biasakan diri Anda cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir agar kebersihan telapak tangan Anda menjadi maksimal.

(okezone/cnp)