Penyebab bau badan dan cara mencegahnya.
Wednesday, 26 November 2014
Penyebab bau badan dan cara mencegahnya.

Bukan merupakan rahasia lagi kalau semua mahkluk hidup yang ada di dunia ini mengeluarkan bau. Namun, beberapa diantaranya mungkin mengeluarkan bau yang lebih dibanding dengan yang lainnya. Nah berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui agar dapat terhindar dari yang namanya bau yang dikeluarkan tubuh.

Bau Kaki : Ketika kita mengenakan sepatu, kaki kita terasa panas dan lembab sehingga dapat menyebabkan tumbuhnya jamur yang dapat menyebabkan kaki kita mengeluarkan bau yang kurang sedap. Bagaimana caranya agak kita dapat terhindar dari bau kaki?

1.   Jangan menggunakan alas kaki (sepatu) yang sama setiap harinya atau segera mengganti sepatu sehabis berolah raga.

2.   Gunakan kaus kaki dan sepatu yang dapat membuat kaki kita bernafas (dengan bahan dasar kulit bukan plastic).

3.   Untuk membersihkan kaki, cuci kaki dengan sabun dan bilas dengan air. Setelah dikeringkan pakai bedak bayi untuk menyerap keringat berlebih.

Bau badan
 : Dinegara beriklim tropis dengan kadar kelembaban tinggi seperti Indonesia ini memang cenderung membuat kita lebih sering berkeringat dan tak jarang daerah seperti bawah ketiak kita terkadang mengeluarkan bau yang kurang sedap. Untuk menghindarkan kita dari bau yang tidak mengenakkan, coba beberapa langkah dibawah ini.

1.   Gunakan deodorant 15 menit setelah habis mandi.

2.   Rutin mencukur bulu ketiak, karena menurut study yang dilakukan oleh Richard Doty seorang pimpinan divisi Penciuman dan perasa, Universitan Pennsylvania rambut cenderung menyimpan bau.

3.   Gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat.

 

Bau mulut : Bau mulut merupakan kejadian yang paling sering menimpa kita karena ketika kita mengkonsumsi makanan dengan aroma yang tajam ataupun bangun tidur di pagi hari, hal ini dapat melanda siapa saja. Namun, Jika anda mengalami bau mulut yang berkepanjangan atau yang biasa disebut dengan halitosis beberapa hal ini patut diperhatikan

1.   Pastikan mengikat gigi dan membersihkan sela sela gigi dengan benang khusus (dental floos) dua kali sehari.

2.   Anda juga dapat berkumur dengan cara traditional yaitu dengan mencampur satu sendok makan garam dan secangkir air hangat.

3.   Konsumsi air atau green tea yang banyak.

4.   Sebisa mungkin hindari makanan berikut ini: Produk susu, coklat, dan alcohol.

(Seventeen/cnp)