Bayi Lahir 4Kg, Sehat?
Friday, 28 November 2014
Bayi Lahir 4Kg, Sehat?
KEWASPADAAN terhadap diabetes harus ditingkatkan oleh siapa saja. Banyak penelitian baru membuktikan bahwa banyak bayi terlahir dengan diabetes tanpa diketahui.
 

Diabetes adalah salah satu penyakit gangguan metabolik akibat insulin, yang membantu penyerapan gula ke dalam sel tubuh, tidak bekerja optimal. Faktor pola makan yang tidak terkontrol dapat menjadi penyebab diabetes tipe 2.

Hal ini membuat ibu hamil, bahkan yang tidak memiliki riwayat diabetes, dapat mengidap diabetes dan menurunkannya pada sang bayi. Kondisi ini disebut diabetes gestasional, yaitu jenis diabetes yang hanya terjadi selama kehamilan.

Menurut Prof. Dr. dr. Ahmad Rudianto, SpPD-KEMD, FINASIM., Guru Besar Endo¬kri¬nologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, ada beberapa tanda yang patut dicurigai bahwa diabetes menurun pada janin.

“Untuk mengetahui apakah ada risiko bayi mengidap diabetes, perlu identifikasi beberapa faktor risiko seperti riwayat kesehatan ibu selama hamil dilihat dari pemeriksaan gula, dan perkembangan ukuran bayi. Jika bayi lahir dengan berat empat kilo, itu patut dicurigai,” tuturnya dalam diskusi di konferensi pers acara diabetes, di Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Gejala diabetes, seperti jenis yang terjadi pada ibu hamil ini, sering kali tidak terdeteksi. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin gula darah seperti dengan tes HbA1C dan skrining kondisi bayi saat hamil perlu dilakukan.

“Ini terlebih bila sang ibu memiliki risiko diabetes dari keturunan dan gaya hidup tidak sehat. Menurut data dari Riskesdas (Riset Dasar Kesehatan), pada kelompok yang obesitas dan hipertensi, angka kejadian diabetes terbukti lebih tinggi,” pesannya. (Okezone / CNP)