Olahraga Ini Solusi untuk Wanita Hamil
Tuesday, 10 February 2015
Olahraga Ini Solusi untuk Wanita Hamil

OLAHRAGA perlu dilakukan siapa saja untuk mendukung kesehatan fisik dan mental. Terutama bagi wanita hamil yang rentan mengalami perubahan emosi dan fisik selama masa-masa kehamilan.

Memang tidak semua olahraga bisa dilakukan untuk wanita hamil, terlebih olahraga yang memacu detak jantung berlebih dan mengancam kesehatan janin. Namun, latihan fisik bernama Yophytta bisa menjadi solusi baik bagi wanita hamil.

Senam Yophytta adalah latihan fisik yang dikreasikan dengan menggabungkan Yoga, Pilates, Tai Chi, dan Afirmasi. Senam ini dikreasikan oleh Fonterra Brands Indonesia sejak 2009.

"Menjawab kebutuhan ibu hamil untuk dapat menjaga kesehatan fisik dan emosi diciptakanlah Yophytta, yang diketahui baik dan bermanfaat menjaga kesehatan fisik dan emosional ibu hamil sesuai perubahan yang dialami selama kehamilan," jelas Head of Medical Sales Fontera Brands Indonesia, Muliaman Mansyur, di Jakarta, belum lama ini.

Perubahan pada kadar hormon estrogen dan progesteron menimbulkan perubahan pada seluruh fisik wanita hamil, mulai dari sistem pencernaan, pernapasan, jantung, pembuluh darah, endoktrin, metabolik, tulang, otot, payudara, imunitas, hingga sistem reproduksi. Gejala dan frekuensi berbeda dialami wanita hamil dari trisemester ke trisemester.

Manfaat Yophytta sendiri antara lain, dapat membantu wanita hamil mengurangi keluhan sakit pinggang, nyeri sendi, morning sickness dan lain sebagainya. Ini juga diklaim baik untuk ibu hamil yang sedang mempersiapkan persalinan dapat berjalan lancar karena adanya unsur latihan kekuatan otot dasar panggul.

Penelitian yang dilakukan dokter spesialis obstetri ginekologi Budi Santoso dan Farida Umamah dari RS Ibu dan Anak Kendang Sari Surabaya, menunjukkan, 91.67 persen wanita hamil merasakan penurunan tingkat kecemasan setelah mengikuti senam Yophytta secara teratur selama satu bulan.

"Senam ini sudah ada di sekira 40 lebih rumah sakit di seluruh Indonesia. Ini bisa dilakukan mulai trimester pertama dan sebaiknya dilakukan secara rutin dua kali seminggu selama 30 menit sampai satu jam," pungkas Muliaman.

(okezone/ren)