Frankfurt Book Fair 2015, The Opening Ceremony
Frankfurt Book Fair 2015, The Opening Ceremony

Frankfurt Book Fair 2015, book  fair terbesar di dunia yang sudah berusia 400 tahun ini akhirnya resmi dibuka melalui rangkaian Opening Ceremony yang digelar di Frankfurt, Jerman pada tanggal 13 Oktober 2015 pukul 17.00 waktu setempat. Dalam pidatonya, Menteri Pendidikan & Kebudayaan Anies Baswedan mengingatkan kembali bahwa kesempatan terpilihnya Indonesia menjadi Guest of Honour tahun ini bukan saja sebagai bentuk kebebasan berekspresi melalui buku, tetapi juga sebagai bentuk undangan kepada masyarakat Eropa untuk ikut berdialog dan merasakan Kebhinekaan Indonesia.

Setelah acara resmi malam pembukaan usai, para tamu undangan diajak berjalan – jalan mengunjungi paviliun Indonesia yang terletak pada rangkaian gedung yang sama, dengan total luas pavilion yaitu 2.500 meter persegi. Indonesia memperkenalkan temadan konsep '17.000 Islands of Imagination'. Tema ini menjelaskan tentang keberagaman pulau dan budaya di Indonesia yang seolah memiliki daya magis untuk dapat menarik perhatian siapapun yang ingin mengenali Negara kepulauan ini.

7 wilayah 'Island' Paviliun Indonesia:

1. Island of Illumination

2. Island of Words

3. Island of Images

4. Island of Scenes

5. Island of Inquiry

6. Island of Tales

7. Island of Spices

 

Design dari paviliun Indonesia sendiri adalah merupakan hasil dari kompetisi terbuka yang diadakan sejak tahun 2014, mendeskripsikan negara kepulauan Indonesia yang kaya akan kebudayaan dan mitos leluhur. Muhammad Thamrin, arsitek Paviliun Indonesia menjelaskan konsep yang Iadan team bangun dalam event ini. Dalam ruangan yang diklaim dapat menampung sekitar 1.000 pengunjung, area pavilion akan dibagi 7 areal tematik yang tidak hanya akan menampilkan sisi buku, tapi juga sajian kuliner dan interaksi digital. Menariknya, balok – balok lentera di Island of Words yang berisi kutipan – kutipan kalimat dari para sastrawan Indonesia, seperti Rendra, Kartini, sampai Roestam Effendi seolah menjadi jembatan 'percakapan' antara pengunjung dan sastra Indonesia. Di Island of Inquiry, pengunjung akan dipersilahkan menikmati virtual reality kebudayaan Indonesia. Komik – komik tua Indonesia disajikan dalam sebuah layar bundar yang lengkap dengan pemandangan design grafis yang menarik dalam Island of Images.

Bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional, Island of Illumination menampilkan kitab dan lontar kuno Indonesia seperti lontar I La Galigo, epikmitologi dari Sulawesi Selatan yang diakui UNESCO sebagai epikmitos terpanjang di dunia. Sementara itu, Dr Murti Bunanta, ahli sastra anak direncanakan akan tampil sebagai salah satu pendongeng di Island of Tales, bagian paviliun yang menggambarkan suasana dongeng klasik anak - anak. Big sofa yang disediakan di sekitar area memudahkan anak - anak/pengunjung untuk beristirahat dan menikmati suasana imajinatif yang disajikan melalui detail langit - langitnya yang menarik. Penampilan lain kebudayaan Indonesia dalam bentuk tarian dan musical performances akan ditampilkan di area Island of Scenes yang sengaja dibuat dalam bentuk menyerupai teater arena yang mampu menampung sekitar 150 pengunjung, termasuk pembacaan puisi, diskusi buku dan sejarah, sampai momen penyerahan tongkat estafet kepada tamu kehormatan berikutnya akan berlangsung di area yang sama. The last Island, Spices: Area ini dilengkapi dengan pameran rempah – rempah dan bar yang menyajikan beragam jenis makanan khas Indonesia.

Sabrina, warga Jerman berusia 29 tahun yang kami temui saat malam pembukaan Frankfurt Book Fair 2015 mengatakan sangat antusias dengan gambaran Indonesia yang ditampilkan melalui paviliun. "I really like the variety of colours and spice. The diversity of the nation; it seems to be the happiest culture!",ujarnya. So, its finally begin! Mari perkenalkan budaya dan keberagaman Indonesia melalui event yang dihadiri oleh lebih dari 7.000 peserta pameran yang dating dari 100 negara ini. We'll keep you updated, so stay tuned!

 

Nathalie Indry

V Radio 106.6 FM Announcer

V Book Club

 

V Radio 106,6 FM Jakarta » Frankfurt Book Fair 2015, The Opening Ceremony Frankfurt Book Fair 2015book  fair terbesar di dunia yang sudah berusia 400 tahun ini akhirnya resmi dibuka melalui rangkaian Opening Ceremony yang digelar di Frankfurt, Jerman pada tanggal 13 Oktober 2015 pukul 17.00 waktu setempat.

" />

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: news_top

Filename: views/infotainment_top_view.php

Line Number: 2

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: views/infotainment_top_view.php

Line Number: 2

Live Streaming
Our Program
  • V Community
    Ngobrol seru bareng komunitas-komunitas yang ada di Jakarta dan sekitarnya.
  • Bangun Pagi
    Senin - Jumat pukul 06.00 - 10.00 WIB bersama Anya Dwinov dan Hilbram Dunar
  • Etalase
    Panduan seputar produk dan trend yang sedang happening bersama Kieky Cahya, yang akan membuat Anda…
  • Ngobrol Yuk
    Setiap Selasa dan Kamis pukul 14.00-16.00 kita akan ngobrol seru seputar hal-hal menarik bersama Lala…