Frankfurt Book Fair 2015 Day 2: Budaya Indonesia Dalam Balutan Musik dan Sajian Kuliner
Frankfurt Book Fair 2015 Day 2: Budaya Indonesia Dalam Balutan Musik dan Sajian Kuliner

Kamis pagi waktu Frankfurt, Paviliun Indonesia yang tahun ini didapuk menjadi tamu kehormatan pada event book fair terbesar di dunia Frankfurt Book Fair 2015, kembali ramai dipenuhi oleh pengunjung dari berbagai negara. Hari itu di Island of Inquiry, Taufiq Assegaf yang merupakan salah satu perancang karya aplikasi digital cara bermain wayang dan angklung, mengajak masyarakat Eropa untuk mempelajari kebudayaan Indonesia melalui permainan alat musik angklung. "Harapannya, dengan memanfaatkan teknologi digital yang tengah berkembang, kita akan dapat memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke dunia internasional dengan mudah. Mereka (pengunjung) sangat tertarik dengan kebudayaan dan alat musik Indonesia. Sebagai tamu kehormatan, hal inilah yang harus kita manfaatkan secara maksimal: memperkenalkan kekayaan budaya melalui Paviliun Indonesia.", ujarnya.

Sementara itu di waktu yang hampir bersamaan di Hall 3, team culinary Indonesia menyelenggarakan workshop memasak, yang merupakan salah satu dari rangkaian program "Class of the Future" yang diperuntukkan bagi anak - anak dan remaja. Melalui aktivitas ini, Komite Nasional Indonesia bekerjasama dengan beberapa sekolah di Eropa untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia melalui para pelajarnya. Anak - anak diajarkan cara memasak sajian pelengkap khas Indonesia seperti kue lumpur dan kolak pisang, serta diperkenalkan dengan rempah - rempah yang didatangkan langsung dari Indonesia. Felix, pelajar berusia 7 tahun yang kami temui saat sesi acara berlangsung mengaku sangat tertarik dengan aktivitas ini. "I've been here for almost thirty minutes and Im curious about how to cook the Indonesian dishes. It taste so good!", he says. Di ujung Hall, stand kuliner juga dipenuhi oleh buku - buku kuliner khas Indonesia dari beberapa penulis seperti Sisca Soewitomo, William Wongso, Vindex Tengker, sampai Bara Pattiradjawane yang meluncurkan buku "The Colorful Stories of Indonesian Cooking" di Gourmet Gallery, saat hari pertama penyelenggaraan event Frankfurt Book Fair tanggal 14 Oktober 2015 lalu. The Indonesian Culinary Team sendiri mengajak masyarakat Eropa untuk bereksperimen dengan selera kuliner nusantara di Hall yang sama setiap harinya, melibatkan Chef - chef lokal terbaik dan menu - menu kuliner yang menggugah selera, seperti nasi minyak atau laksa medan. Sisca Soewitomo yang kami temui di National Stand of Indonesia saat memasak laksa untuk para pengunjung di hari yang berbeda mengutarakan antusiasmenya saat diundang untuk bergabung dalam event book fair terbesar di dunia ini, "Bukan cuma tentang buku, tapi sebagai tamu kehormatan tahun ini kita mempunyai kesempatan yang lebih luas untuk memperkenalkan kebudayaan juga melalui kuliner Indonesia.", ujarnya. 

Diskusi lainnya yang menarik minat pengunjung paviliun adalah topik "Six Sexes", menghadirkan Ayu Utami, penulis buku 'Saman' dan Lily Yulianti Farid, penggagas Makassar International Writers Festival & penulis buku 'Family Room'. Dalam diskusinya, mereka menyampaikan aspirasi sebagai dua dari sekian banyak perwakilan penulis perempuan Indonesia yang dengan lantang mengangkat isu gender dan kultur sakral budaya yang dihadirkan melalui karya sastra. Ayu mengungkapkan bahwa hasratnya untuk menulis adalah juga untuk memperluas batas - batas yang biasanya terkungkung dalam ranah sensualitas. Sementara menurut Lily, sudah seharusnya pembicaraan tentang seksualitas dibicarakan dengan santai dan setara, tanpa sikap menghakimi terlebih dulu. Karya - karya sastra yang telah ditulis ini, diharapkan dapat berkontribusi untuk menyumbangkan pemikiran baru mengenai berbagai peristiwa yang dialami oleh para perempuan - perempuan Indonesia, yang mayoritasnya lebih terkungkung oleh cara berpikir dari kaum pria.

More and more interesting, here at the Frankfurt Messe. We’ll keep you updated, V Listeners!

 

Nathalie Indry

V Radio 106.6 FM Announcer

V Book Club

V Radio 106,6 FM Jakarta » Frankfurt Book Fair 2015 Day 2: Budaya Indonesia Dalam Balutan Musik dan Sajian Kuliner

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: news_top

Filename: views/infotainment_top_view.php

Line Number: 2

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: views/infotainment_top_view.php

Line Number: 2

Live Streaming
Our Program
  • V Community
    Ngobrol seru bareng komunitas-komunitas yang ada di Jakarta dan sekitarnya.
  • Etalase
    Panduan seputar produk dan trend yang sedang happening bersama Kieky Cahya, yang akan membuat Anda…
  • Ngobrol Yuk
    Setiap Selasa dan Kamis pukul 14.00-16.00 kita akan ngobrol seru seputar hal-hal menarik bersama Lala…
  • Bangun Pagi
    Senin - Jumat pukul 06.00 - 10.00 WIB bersama Anya Dwinov dan Hilbram Dunar